Cara Membuat Garis Lurus Vertikal dan Horizontal di Microsoft Word

Cara Membuat Garis Lurus Vertikal dan Horizontal di Microsoft Word

Untuk saat ini Microsoft Word adalah salah satu aplikasi yang sering kita gunakan untuk membuat dokumen teks, seperti surat, laporan, makalah, dan lain-lain. 

Dalam membuat dokumen di Word, selain teks kita juga bisa menambahkan berbagai elemen lain, seperti gambar, tabel, grafik, dan garis. Garis adalah elemen yang bisa kita gunakan untuk memisahkan, menghias, atau mengatur tata letak dokumen kita. 

Ada berbagai jenis garis yang bisa kita buat di Word, seperti garis horizontal, vertikal, lurus, bergelombang, putus-putus, dan lain-lain. 

Bagi yang sudah berpengalaman dalam penggunaan aplikasi olah kata ini, saya rasa tidak akan mengalami masalah yang berarti. 

Namun tidak bagi yang masih pemula, terkadang membuat garis lurus masih sangat kebingungan. Namun tenang saja, karena di sini saya akan mencoba membantu dengan memberikan tutorialnya. 

Bagaimana cara membuat garis lurus vertikal dan horizontal di Microsoft Word? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita coba.

Baca juga: 2 Cara Menampilkan Garis Grid di Microsoft Word

Cara Membuat Garis Lurus di Microsoft Word

Untuk membuat garis lurus horizontal dan vertikal kita dapat menggunakan fitur shapes. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka aplikasi Microsoft Word dan buka juga lembar kerja yang akan ditambahkan garis lurus

  • Selanjutnya klik Insert > Shapes > Line 

    Cara Membuat Garis Lurus di Microsoft Word

  • Jika sudah, arahkan kursor ke halaman lembar kerja, lalu klik dan tahan kemudian tarik ke arah yang diinginkan lalu lepaskan. Pada tahap ini kita bisa membuat garis vertikal maupun horizontal 

    Cara Membuat Garis Lurus di Microsoft Word

  • Kemudian jika ingin memilih jenis garis lainnya, maka pada opsi Shapes bisa dipilih jenis garis yang diinginkan. Misalnya Line Arrow (garis lurus panah)

    Cara Membuat Garis Lurus di Microsoft Word

  • Sementara jika ingin mengatur (Edit) garis lurus, silakan klik garis lurus yang sudah dibuat, kemudian pilih Shape Format > Shape Outline 

    Cara Membuat Garis Lurus di Microsoft Word

  • Setelah itu edit garis lurus sesuai yang diinginkan, misalnya  mengganti warna ketebalan garis dan lainnya 

    Cara Membuat Garis Lurus di Microsoft Word

  • Selesai 


Tips Agar Garis Lurus Tampak Lurus Presisi 

Saat membuat garis lurus (tepatnya saat menarik garis pertama dibuat) kadang garis lurus tidak tampak lurus presisi. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang dapat digunakan. 

1. Menggunakan Tombol Shift 

Agar garis lurus tampak lurus secara presisi, maka kita dapat menggunakan tombol Shift saat  membuatnya. Berikut caranya: 

  • Tekan Shift dan tahan 

  • Kemudian buat garis lurus 

    Tips Agar Garis Lurus Tampak Lurus Presisi

  • Maka nantinya garis lurus akan tampak presisi sesuai arah yang ditentukan. Misal garis lurus vertikal maka nantinya garis akan lurus secara vertikal pada lembar kerja Word 

2. Dengan Menampilkan Garis Bantu Pada Halaman Word 

Microsoft Word sendiri memiliki fitur untuk menampilkan garis-garis pada halaman Word. Dengan fitur ini kita  nanti bisa meluruskan garis lurus agar tampak lurus secara presisi.

Berikut caranya: 

  • Klik Tab View, kemudian beri centang pada Gridlines 

  • Setelah itu tinggal atur garis lurus disesuaikan dengan gari-garis yang muncul pada halaman Word 

    Tips Agar Garis Lurus Tampak Lurus Presisi

  • Selesai 

3. Dengan Mengatur Shape Height dan Width 

Selain itu kita juga mengatur opsi Shape Height dan Width, agar garis lurus tampak lurus secara  presisi. Berikut caranya:

  • Klik garis lurus yang sudah dibuat

  • Kemudian pilih Shape Format, atur Shape Height dan Width

    Tips Agar Garis Lurus Tampak Lurus Presisi

    Misal di sini saya ingin garis lurus, benar-benar lurus secara horizontal. Maka pada bagian Shape Height nilainya saya buat 0 (nol).

    Begitu juga sebaliknya, jika garis ingin benar-benar lurus secara Vertikal, maka pada bagian Shape Weight buat nilainya menjadi 0 (nol).

  • Selesai 

Baca juga: Cara Memunculkan Garis Batas Margin di Microsoft Word 2019 dan Versi Lainya

Dalam pembuatan dokumen garis lurus kadang sangat diperlukan, yang biasanya digunakan sebagai penanda atau membuat lambang tertentu. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kita dapat dengan mudah menambahkan garis lurus vertikal dan horizontal ke dokumen Word kita. Jangan ragu untuk menyesuaikan gaya dan ukuran garis sesuai dengan kebutuhan dokumen untuk tampilan yang lebih menarik dan profesional.

Demikian artikel unik, dengan kata ganti kita, berjudul Cara Membuat Garis Lurus Vertikal Dan Horizontal di Microsoft Word. Semoga bermanfaat!

Tarmuji
Tarmuji Seorang blogger biasa yang ingin berbagi ilmu dan pengalaman dalam hal yang terkait Teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Garis Lurus Vertikal dan Horizontal di Microsoft Word"