Cara Melihat dan Menghapus Komentar Kita di YouTube Orang Lain Lewat PC dan HP


Cara Melihat dan Menghapus Komentar Kita di YouTube Orang Lain Lewat PC

YouTube bukan hanya tempat untuk menonton video, tetapi juga menjadi wadah bagi berbagai komunitas untuk berdiskusi, berbagi ide, dan berinteraksi melalui komentar. Komentar-komentar ini bisa menjadi jembatan yang menghubungkan kita dengan kreator favorit, memberikan masukan, atau sekadar berbagi pemikiran kita tentang konten yang kita tonton.

Namun, ada kalanya kita mungkin ingin mengubah atau menghapus komentar yang pernah kita buat. Bisa jadi karena kita menyadari ada kesalahan dalam komentar tersebut, atau mungkin kita merasa bahwa komentar tersebut tidak lagi relevan atau pantas. Terlebih lagi, di era digital ini, jejak digital kita sangat mudah dilacak, sehingga menjaga reputasi online dan privasi menjadi semakin penting.

Pernahkah kita merasa khawatir tentang komentar yang pernah kita buat di masa lalu? Atau mungkin kita hanya ingin memastikan bahwa semua komentar kita di YouTube tetap sesuai dengan pandangan kita saat ini? Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk melihat kembali dan menghapus komentar-komentar kita di YouTube melalui PC dengan cara yang mudah dan praktis. Mari kita mulai dengan memahami mengapa mengelola komentar ini penting dan bagaimana cara melakukannya dengan tepat.

Mengapa Menghapus Komentar di YouTube?

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, mari kita bahas beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin menghapus komentar mereka di YouTube:

  • Perubahan Pendapat
    Kadang-kadang, setelah memikirkan ulang, kita mungkin menyadari bahwa komentar yang kita buat tidak lagi mencerminkan pandangan kita.

  • Kesalahan Ketik
    Komentar yang ditulis dengan cepat mungkin mengandung kesalahan ketik atau kesalahan lain yang ingin kita perbaiki.

  • Konten Tidak Pantas
    Mungkin kita menulis sesuatu yang dianggap tidak pantas atau menyinggung perasaan orang lain.

  • Privasi
    Ada kalanya kita berbagi informasi pribadi tanpa berpikir panjang, dan kemudian kita ingin menghapusnya demi menjaga privasi.

Langkah-Langkah Melihat Komentar Kita di YouTube

Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam menghapus komentar di YouTube. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini: 

#Lewat PC

1. Lewat Fitur Histori

Cara pertama dalam menghapus komentar di YouTube lewat PC dapat dilakukan melalui menu Histori. Nah disana nantinya akan muncul semua komentar yang pernah kita tulis.

Kemudian kita dapat menghapus komentar sesuai yang kita inginkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka YouTube dan Masuk ke Akun Yang Kita Gunakan.
    Pastikan kita sudah masuk ke akun YouTube kita. Buka YouTube dan klik pada foto profil kita di pojok kanan atas layar. Pilih Sign in jika kita belum masuk.

  • Buka Menu Histori.

    Langkah-Langkah Melihat Komentar Kita di YouTube Lewat PC

    Untuk membuka menu ini caranya ialah, klik ikon garis tiga sejajar yang berada di bagian pojok kiri atas laman. Lalu cari dan pilih Histori.

  • Pilih Komentar.

    Langkah-Langkah Melihat Komentar Kita di YouTube Lewat PC

  • Hapus Komentar.

    Langkah-Langkah Melihat Komentar Kita di YouTube Lewat PC

    Nah pada halaman ini akan nampak semua komentar yang pernah kita tulis. Untuk menghapusnya maka silakan klik ikon silang yang berada di bagian pojok kiri pada komentar yang ada.

  • Selesai. 

2. Melalui Video Yang Terkait Secara Langsung

Untuk cara kedua ini dilakukan langsung pada video yang terkait. Maksudnya kita membuka kembali video yang diberi komentar kemudian mencari dan melakukan penghapusan komentar. 

Cara ini memang sedikit merepotkan, namun untuk mencari video yang di beri komentar dapat dilakukan melalui menu Histori.

Nah berikut langkah-langkahnya:

  • Buka YouTube dan Masuk ke Akun Yang Kita Gunakan.

  • Buka Menu Histori.

  • Kemudian silakan cari dan pilih video yang telah kita beri komentar. 

    Melalui Video Yang Terkait Secara Langsung

  • Setelah video YouTube sudah terbuka, selanjutnya silakan cari komentar kemudian klik ikon titik tiga sejajar disebelah kanan komentar dan pilih hapus

    Melalui Video Yang Terkait Secara Langsung

  • Selesai. 

#Lewat HP

Kemudian untuk cara selanjutnya melalui Hp. Untuk langkah-langkahnya sebenarnya hampir sama. Namun tata letak atau navigasi-nya saja yang sedikit berbeda. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka aplikasi YouTube pada HP.

  • Kemudian tekan menu akun yang berada dibagian pojok kanan bawah laman. 

  • Jika sudah, pilih Setelan (ikon roda bergigi dibagian pojok kanan atas laman).

    Menghapus Komentar Kita di YouTube HP

  • Lalu pilih Kelola semua histori.

    Menghapus Komentar Kita di YouTube HP

  • Pilih Tab Interaksi lalu pilih Komentar & balasan

    Menghapus Komentar Kita di YouTube HP

  • Nah pada halaman Komentar YouTube Anda akan nampak semua komentar yang pernah kita tulis. Untuk menghapusnya maka silakan klik ikon silang yang berada di bagian pojok kiri pada komentar yang ada. 

    Menghapus Komentar Kita di YouTube HP

  • Selesai. 

Menghapus Semua Komentar YouTube Sekaligus

Selanjutnya jika ingin menghapus semua komentar pada YouTube, sayangnya untuk saat ini pihak YouTube belum memberikan opsi atau fitur tersebut.

Namun jika tetap ingin menghapus semua komentar dapat dilakukan dengan trik menghapus Chanel YouTube pada akun yang digunakan. 

Tapi perlu diingat jika langkah ini akan menghapus semuya data pada Chanel YouTube kita. Jadi sebelum melakukannya silakan pikir matang-matang terlebih dahulu. 

Baca juga: Cara Mengatasi "Jika Pemutaran Tidak Segera Dimulai, Coba Mulai Ulang Perangkat Anda" di YouTube Laptop

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa dengan mudah melihat dan menghapus komentar yang pernah kita buat di video orang lain. Ini bukan hanya tentang menjaga citra diri kita, tetapi juga tentang menghormati orang lain dan menjaga privasi kita di dunia digital. 

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan berpikir dua kali sebelum meninggalkan komentar di YouTube atau platform media sosial lainnya.

Sumber:
Melihat, mengatur, atau menghapus komentar - Bantuan YouTube (google.com)

Tarmuji
Tarmuji Pecinta Teknologi dan Penikmat Kopi

Posting Komentar untuk "Cara Melihat dan Menghapus Komentar Kita di YouTube Orang Lain Lewat PC dan HP"