Cara Cek DirectX Version di Windows 7/8/10/11

Cara Cek DirectX Version di Windows 7/8/10/11

Mungkin ada yang bertanya, mengapa kita perlu tahu versi DirectX yang terinstal? Alasan utamanya adalah kompatibilitas. Setiap game atau aplikasi yang memanfaatkan grafis dan audio tingkat tinggi biasanya memiliki persyaratan DirectX tertentu. Jika versi DirectX di sistem kita terlalu rendah, kita mungkin akan mengalami masalah seperti grafis yang tidak optimal, audio yang tidak berfungsi, atau bahkan aplikasi yang tidak bisa berjalan sama sekali.

Selain itu, mengetahui versi DirectX juga dapat membantu kita dalam melakukan troubleshooting jika ada masalah grafis atau audio yang muncul ketika menjalankan aplikasi tertentu. Jadi, sangat penting untuk memastikan DirectX yang terinstal sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang kita gunakan.

Langkah-Langkah Cek DirectX Version di Windows 7/8/10/11

  • Buka RUN, dengan cara tekan tombol Windows + R pada Keyboard.

    Langkah-Langkah Cek DirectX Version di Windows 7/8/10/11

  • Kemudian Ketik "dxdiag" di Kotak Pencarian.

  • Jika sudah tekan Enter atau klik OK

  • Tunggu sebentar hingga aplikasi DirectX Diagnostic Tool terbuka. Pada sebagian Desktop mungkin akan sedikit lama. 

  • Setelah aplikasi terbuka, pada tab System, kita bisa menemukan informasi mengenai versi DirectX yang terinstal di komputer kita.

    Langkah-Langkah Cek DirectX Version di Windows 7/8/10/11

Apa yang Harus Dilakukan Jika DirectX Tidak Up-to-date?

Jika setelah mengecek versi DirectX ternyata versi yang kita miliki tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh aplikasi atau game yang ingin kita jalankan, kita bisa memperbarui DirectX dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Cek Persyaratan Sistem

Sebelum memperbarui, pastikan kita mengetahui versi DirectX yang dibutuhkan oleh aplikasi atau game yang akan kita jalankan. Informasi ini biasanya bisa ditemukan di halaman unduhan atau dokumentasi aplikasi tersebut.

2. Update Windows

Biasanya, versi terbaru DirectX akan terinstal otomatis saat kita melakukan pembaruan Windows. Jadi, cukup jalankan Windows Update dengan cara membuka Settings > Update & Security > Windows Update dan klik Check for updates.

3. Download DirectX Secara Manual

Jika kita memerlukan versi DirectX tertentu, kita bisa mendownloadnya langsung dari situs resmi Microsoft.

Baca juga: 

DirectX adalah salah satu komponen penting yang harus ada di sistem operasi Windows. DirectX merupakan serangkaian API (Application Programming Interfaces) yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mendukung tugas-tugas multimedia seperti rendering grafis 3D dan pemrosesan audio di komputer. 

Maka dari itu, mengetahui versi DirectX yang terinstal di komputer kita menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan game atau aplikasi yang kita gunakan bisa berjalan dengan optimal.

Tarmuji
Tarmuji Pecinta Teknologi dan Penikmat Kopi

Posting Komentar untuk "Cara Cek DirectX Version di Windows 7/8/10/11"